Penyegaran dengan Fedora 25

screenshot-from-2017-01-09-00-39-43
Gambar latar @ Fedora 25

Rencana untuk melakukan penyegaran laptop akhirnya terwujud. 5 hari yang lalu saya memasang sistem operasi “Fedora 25” di laptop menggantikan Ubuntu 14.04. Penyegaran ini terasa berbeda karena Fedora menggunakan basis Red Hat–Ubuntu berbasis Debian. Misalnya daftar perintah untuk instalasi melalui terminal, di Ubuntu menggunakan apt-get install xxxx, maka di Fedora menggunakan dnf install xxxx.

Petualangan bermula saat perangkat nirkabel BCM43142 di laptop tidak terdeteksi otomatis (bagaimana memasangnya piranti lunak BCM43142? Baca di sini). Saya membutuhkan koneksi kabel  untuk pemasangan piranti lunak nirkabelnya.

Fedora 25 menggunakan desktop environment (de) GNOME Shell 3.22 yang sampai sekarang saya rasa nyaman, ringan. De ini bukan hal yang baru karena pernah saya coba pasang di Ubuntu terdahulu (di Ubuntu saya menggunakan Classic-GNOME menggantikan GNOME-Unity bawaan, saya juga mencicipi  Cinnamon, MATE, XFCE, KDE, LXDE).

Apa saja yang paket aplikasi yang menyertai di Fedora 25? Aplikasi perkantoran menggunakan LibreOffice 5.2. Akses dan kelola berkas menggunakan Files, Pemutar musik Rhythmbox dan video Videos–saya menambahkan VLC. Peramban menggunakan Firefox–saya tambahkan Chromium. Pengelola Surel menggunakan Evolution–saya pasang juga Thunderbird. Untuk aplikasi File Tansfer Protocol (FTP) saya pasang FileZilla. Menyalin data dari dan ke cakram padat, saya memasang Brasero.

Fedora 25 terasa segar.

Leave a Reply

