Menempuh Jarak Lagi

Berangkat lebih pagi, satu jam lebih awal dari perjalanan berkendara motor Desember kemarin. Dengan berangkat awal, jam 06.00 WIB saya bisa sampai di tujuan jam 21.00, lebih cepat. Jarak yang ditempuh kurang lebih 497 KM.
Mungkin ini kekuatan rindu, halah :D. Jadi badan tidak sepegal kali pertama. Mungkin juga istirahat yang cukup malam harinya berpengaruh pada kondisi badan di hari keberangkatan.

Menempuh Jarak Lagi (diatasbumi)
Menempuh Jarak Lagi (diatasbumi)

Perjalanan dari tengah hingga Banjar ditemani matahari yang terik. Memasuki Ciamis sore hari. Langit mulai gelap, awan berkumpul, dan hujan sering turun. Seperti yang dipesankan ibu melalui pesan pendeknya bahwa biasanya di sore hari jawa barat sering turun hujan .

Selepas Nagrek memasuki Cicalengka, ban dalam si roda dua mengalami pecah ban. tidak berjarak jauh saya menemukan bengkel untuk memeriksa ban. Menurut pak Ade, pandai ban, ini ban goreng (jelek dalam bahasa sunda). Maka digantilah ban tersebut, biayanya pun bersahabat, dengan membayar 40.000 saya mendapatkan ban dalam “unggulan”, meski ujar Pak Ade di tempat lain bisa sampai 75.000. Dia menduga kondisi ban panaslah yang menjadi penyebab ban goreng itu mudah pecah.

pecah ban (diatasbumi)
pecah ban (diatasbumi)

Tantangan berikutnya adalah ketika memasuki Bandung, macet bukan main. Dari Cicalengka hingga Cimahi saya harus menempuh waktu lebih dari dua jam. Edan.

Mengenai persiapan si roda dua sehari sebelumnya masuk ke bengkel untuk; mengganti aki, mengganti kanvas rem depan dan juga mengganti kabel spedometer. dengan begitu, si Yama bisa di nyalakan hanya dengan menekan tombol, tidak seperti kemarin-kemarin yang harus menggunakan kick starter – selah kaki.

Lilik, mekanik yang menangani si Yama beranggapan kondisi Yama siap menempuh jarak jauh. Sebagai catatan kopling segera diganti sebaliknya dari perjalanan.

 

25/03/16
anakwayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s