Yang-demikian

Yang-demikian selalu senang memelihara ketakutan. Lalu mengumbarnya dengan cara yang dikira menakutkan pula. Agar siapaun juga merasakan ketakutan yang sama, minimal terkena resonansi rasa khawatir berlebih. Sebaik-baiknya ketakutan tetaplah ketakutan. Akan terus menggerus rasa berani berangsur kerdil.

Kenapa macam ketidaktahuan terus merenggut kepala? Tidakkah sekarang mudah dan dipermudah untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Atau jangan-jangan sudah pekak telinganya mendengar untaian kata manis yang jelas-jelas membuat mual karena terlampu manis, dan kebohongan tetap saja menjadi bohong besar. Atau sudah hilang rasa ingin terus berjuang memperbaiki daya pikir. Mudah menyerahkah pada laman-laman pengetahuan yang dengan gegabah bisa menjadi labirin tanpa akhir.

Jelas ada yang membiarkan itu terus terjadi. Ketakutan sengaja dipelihara, ditumbuhkembangkan. Tajam bilah tetap mengancam. Dan kesempatan olah tanya dan olah jawab menjadi pintu penghalang. Yang akan menghambat terbukanya cakrawala cerah. Pintu yang makin ditutup makin menjadi sered dan menyebalkan, atau memang jangan-jangan pintu tersebut sudah tertutup juga terkunci. Ditambah kuncinya yang bisa membantu sengaja disembunyikan dibuat hilang.

Tidakkah sesuatu yang dibuat-buat adalah kekosongan. Mulai bertahap meninggalkan tata cara serampangan. Menggalinya lebih dalam, tanam pertanyaan-pertanyaan yang mengakar kuat untuk menagih janji-janji berupa omong besar.

Sejarah dan pengalaman sudah banyak yang menceritakan dengan baik, lisan dan tulisan. Mempelajarinya dengan hati senang. Berguru pada pengalaman baik maupun buruk sekalipun. Agar baik tetap menjadi baik dan buruk berguguran. Semoga menikmati proses adalah kenikmatan nyata yang ada.

Jauhkan kami dari keterbatasan yang-demikian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s