Dokumentasi bisa berupa teks, gambar, aaudio, video, maupun gabungan semuanya. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, proses pendokumentasian menjadi lebih mudah. Kita bisa memanfaatkan telepon genggam yang kita miliki sebagai modal awal. Bagaimana bisa?

Dokumentasi bisa mempersingkat waktu.
Sebagai contoh bagaimana dokumentasi bisa membantu kita dalam mengakses sebuah tempat. Dengan menyertakan lokasi pada pengambilan gambar tempat-tempat yang baru pertama kali kita datangi. Maka saat dibutuhkan kita tinggal mengakses data lokasi yang tersimpan dalam gambar tersebut.

Dokumentasi menjadi penjahit proses
Dalam membuat atau membangun sesuatu dokumentasi membantu menggambarkan proses yang sudah dicapai, apa saja yang telah diubah dan dilengkapi, apa saja yang sudah dihapus dan diperbaiki. Perkembangan yang terjadi menjadi lebih runut, sehingga ketika mencapai satu tujuan rekam proses terjahit utuh.

Dokumentasi sebagai cerita yang bergerak
Dokumentasi bisa mengajak kita untuk bergerak mundur untuk menceritakan kembali peristiwa yang pernah kita alamai. Bahkan juga bisa mengajak kita bergerak maju dengan daya imajinya.

Dan masih banyak lagi, bagaimana dokumentasi tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Hari ini saya sudah mendokumentasikan apa ya? :)

YK-05/01/2016
anakwayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s