Tahapan yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan adalah memastikan bahwa tunggangan dalam keadaan siap. Dari pengapian, pengereman, kondisi mesin (oli), karburasi, kaki-kaki, gear-set dan kelistrikan (lampu-lampu). Karena bagaimanapun dalam sebuah perjalanan kita ingin berjalan lanncar juga untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan yang akan menghambat perjalanan. Syukur kalau segera menemukan bengkel untuk memperbaikinya. Kalau pas di hutan? Maksudnya kiri kanannya cuma hutan. Bagaimana? :D

Nah, untuk perjalanan kemarin si roda dua  mengalami penggantian filter untuk karburasi, busi, karet tromol, gear-set, dan oli. Pengaturan rem juga dilakukan. Dengan penggantian itu si roda dua terasa lebih oke dioperasikan dan lebih irit konsumsi bahan bakarnya.

Tidak kalah penting adalah mengkomunikasikan kondisi si roda dua dengan mekanik yang akan menanganinya. Sebisa mungkin detail yang kita alami selama sebelum reparasi diungkapkan. Proses ini yang selalu saya lakukan ketika mereparasi si roda dua. Kalau sudah melalui proses ini, lebih tenang terasa.

yk-04/01/2016
anakwayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s