Yogyakarta dengan Manusianya

Seno Gumira Ajidarma coba membahas Jakarta berupa kolom-kolom pikiran yang termuat di beberapa bukunya, Affair, Kentut Kosmopolitan dan beberapa tulisan di majalah Djakarta!. Buku berikutnya adalah Tiada Ojek di Paris. 

Buku kentut dan affair sudah saya baca, juga berkali-kali. Karena Jakarta bukan Kota yang “mudah” diselami, terlebih saya hanya sebentar pernah tinggal di sana. Selebihnya saya hanya lewat, melewatinya. 

dari sana, menarik rasanya jika Yogyakarta sebagai kota memiliki riwayat kisah pandangan orang di dalamna. Dalam spektrum dan pandangan dari mereka yang sudah coba cukup lama berkenalan dengan kota.

Semaca kumpulan kolom pemikiran yang pendekatannya membahas segala tetekbengek Yogyakarta dengan orang-orang di dalamnya. Apa sudah ada tapi saya yang belum tahu saja? 

Yogyakarta dalam perjalanannya memang tidak bisa disamakan dengan Jakarta, karena memang tidak sama. Namun sekarang, jika kita lihat, arahnya sudah terlihat. Akankah ada manusia mobil di yogyakarta? Atau pak ogah yang ikut mengatur-mendahului kendaraan yang memberikan uang? Atau orang-orang di yogya merasa terasing di kotanya sendiri, hingga misal bulanpun di jakarta bisa merasa terasing. Akankah rasa itu akan dialami oleh tugu?

Pembangunan yang berlari. Telah meninggalkan pertanyaan bagaimana biar Yogya tetap menjadi Yogya, yang istimewa karena siapapun yang datang maupun tinggal di dalamnya merasa benar-benar hidup. Tidak pura-pura hidup. Karena seni dan budaya bukan semata barang di etalase. Namun menumbuh kesadaran bahwa yang bernyawa dan tidak bernyawa tetap mendapat tempat. Yang melaju dan melambat tetap mendapat kesempatan. 

Masihkah Yogayakarta memiliki ketenangan?

Gedongan
Anakwayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s