Transportasi (Umumnya) Imajiner

Kendaraan apa yang kamu gunakan untuk bepergian di Jogja?
Aku punya motor, sepeda juga, kadang menumpang angkutan umum, seringnya jadi boncenger (orang yang dibonceng) atau bersepeda.

Bagaimana dengan transportasi alternatifnya? Banyak. Bahkan bisa tinggal telepon, taksi mobil atau motor bisa menjemputmu.

Transportasi umum lainnya bagimana?
Lengkap. Dari becak berkaki hingga bermotor. Dari angkudes jalur zebra hingga kopata (sejenis kopaja di Jakarta). Bahkan ada sempat senang hadirnya TransJogja, yang murah & nyaman (masihkah?) untuk keliling Jogja.

Terus apa yang jadi persoalan?
Untuk TransJogja adalah;
Waktu. Jarak tempuh sukanya tak terduga.
Kenyamanan. Dengan predikat berbudaya, masihkah ada guyonan murah njaluk nyaman. Semacam menyebalkan jika memang adanya begitu.

Kenapa?
Jelas. Jalanan sudah ramai dengan kendaraan. Hampir setiap persimpangan kendaraan menyemut. Jadi ketepatan waktu tiba dan berangkat sering meleset dari perkiraan. Parkir “liar yang resmi” turut andil menjadi penyebabnya, menyita nganu hmm.. lebar jalan.
Jadi selama ini armada dan fasilitas penunjang TJ dirawat ndak sih?

Selain waktu dan kenyamanan?
Fasilitas pendukung lainnya, seperti shelter untuk transit, sempit. Sering tampak para penumpang berdesakkan menunggu giliran. Juga shelter yang tidak rapi lagi juga tak terawat. Debu dan perangkat pelengkapnya banyak yang sudah rombeng. Asap knalpot dari armada yang hitam pekat. Alat keamanan seperti pemadam darurat tak semua tersedia dalam armada.

Tindakanya nyata dari peyelenggara transportasi?
Entah. Coba tanya yang bersangkutan.

Ada solusi?
Banyak. Tinggal mau tidaknya diaplikasikan. Rasanya berujung menguap saja.

Memang ada cara lain yang cepat ke suatu tempat di jogja? Ada, dengan kondisi seperti itu menurutku sepeda masih juaranya. dan bisa jadi saling memberi tumpangan adalah juga jalan keluar.

Jadi celotehnya begini: Kendaraan sudah banyak. Penguasa telah buta. Sampai kapan menunggu? Lekas bawa sepedamu. Berubah dengan mengayuh.

Jurugsari, Januari 4 2014
Anakwayang*zn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s