Diskusi dan Berdiskusi

Ruang lain yang penting setelah menulis dan membaca adalah diskusi. Dalam diskusi sangat berpeluang besar terjadi pertukaran pikiran, pengujicobaan pendapat, dan bisa juga menjadi media untuk melatih kemampuan berbicara di depan orang lain. Diskusi akan menjadi ruang belajar yang nyaman (mungkin) dengan syarat pikiran sudah disiapkan menerima asupan alias terbuka. Atau ada tambahan lain?

Banyak dari kawan-kawan yang pandai dalam hal lain namun ketika berdiskusi ia mendadak menjadi bisu. Mungkin grogi, mungkin malu, namun sayang kalau alasannya hanya karena takut salah. Percaya tidak percaya jam terbang lagi-lagi akan menunjukkan wujudnya.  

Diskusi merupakan kata serapan dari bahasa latin yakni discuss yang berarti bertukar pendapat. Kebiasaan baik untuk mencari jawaban atau solusi. Dengan berdiskusi keburaman bisa mendapat penerangan. Yang keliru bisa diperbaiki. Dan dengan bertukarnya pikiran wawasan bisa bertambah.

Diskusi mengajarkan bagaimana pendapat tak lagi cuma pendapat. Karena alasan dari pendapat itupun akan dipaparkan. dengan begitu kemampuan menganalisa memperoleh kesempatan untuk menajam.

Dengan manfaat diskusi yang kurasakan. Tentunya budaya ini haruslah terawat. Bayak jalan untuk belajar, untuk memperoleh penerangan. Tak banyak yang berani menuliskan pendapatnya dan pikirannya. Namun sering ditemukan ketika diajak diskusi. Pengetahuannya mengalir lewat suaranya, menjadi kenal lebih kebingungan sendiri, juga menularkan angin segar.

Sayangnya seringkali penguasaan materi atau tema dalam diskusi masih begitu mentah. Sehingga yang terjadi hanyalah perputaran pendapat yang sama. Tak ada pandangan dari arah lain yang bisa menjadi pemicu “kadar seru” dalam berdiskusi. Sehingga diskusi seakan-akan menjadi momok yang membosankan. Namun kebosanan itu tentunya bisa dijinakkan. Selama memang masing-masing orang yang hadir di diskusi bisa melatih diri untuk memetik asupan wawasan yang ditawarkan. Kemudian dengan senang hati menyandingkan dengan pendapatnya.

Tak salah memulai diskusi dengan hal yang ringan. Jika merujuk arti dari diskusi di kamus besar bahasa Indonesia yang mana terdapat kata ilmiah. Ringan bukan berarti selalu tak ilmiah. Ringan bisa berbobot tergantung sudut mana yang menjadi sorot bahasan.

Aku percaya. Berdiskusi, cara yang asik untuk berbagi, mengembangkan ilmu. 

 

Jurugsari, Januari 3, 2014

anakwayang*zn

7 thoughts on “Diskusi dan Berdiskusi

  1. “Ringan bukan berarti selalu tak ilmiah. Ringan bisa berbobot tergantung sudut mana yang menjadi sorot bahasan.” Mantap kata ini, kadang dikicauan kita juga membuka diskusi hanya dengan keterbatasan karakter dan itu pun murni terjadi pertukaran informasi dan pikiran :)

    1. suwun bung. :D
      teknologi telah membuka banyak media yang bisa menjadi ruang bertukar pikiran dan informasi, meminimalkan jarak, memperluas jangkauan. Kalau bung sendiri senang diskusi dengan tema apa? :D

      1. terkadang saya menyukai ragam informasi, penguatan komunitas, blog, konten media, dan sesekali tentang sumber daya manusia yang semuanya tetap bisa terbuka dengan berbagai topik lainnya :)

      2. Musik saya agak kurang, kecuali beberapa musik etnik dan itu pun masih lingkup di Aceh, lebih tepat saya pendengar sejati lah gitu :)

      3. musik etnik keren itu bung. ada referensi? aku dihadiahi kaset maggots dari seorang kawan asal Aceh (semoga sehat selalu, bang), band metal yang menyertakan nuansa Aceh di lagu-lagunya. mungkin bung pernah dengar?

      4. Maggots pernah dengar nama band-nya mungkin lagunya jg pernah dengar tapi lupa, kalau saya lebih ke lagu etnik bahasa Aceh, salah satunya grup musik Tangke Band, Saleuem Grup, dan beberapa lainnya berhubung dulu sempat terlibat dalam acara kesenian namanya Piasan Seni (ini arsipnya bisa dilihat di http://www.piasanseni.com) :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s