Rupanya

Rupa-rupanya ia sedang berada dalam pelukan malam. Diheningnya sepertiga waktu melamun. Ia sandarkan kembali mimpinya tentang sosok yang menempel lekat di dinding hatinya. Siapa lagi kiranya sosok perenggut lamunan itu? Ia mencoba mengingat dengan keras, obrolan apa terakhir kalinya mereka tukarkan, kapan terakhir kalinya mereka bersebelahan damai dalam rongga petang. Ia menarik udara dan menengadah menatap lampu, lalu membuangnya dengan deras.
Menyerupai lagu yang mengalun, suasana semakin tak terkendali. Makin ia larut dalam lamunan. Berbicaralah seketika dengan kesunyian. Hening tak pernah mau memberi jawaban dengan mudah. Semua tahu itu. Hanya mereka yang berkali-kali berusaha menyatu, bisa merasakan kehadiran seorang lainnya dalam ketidakhadiran. Ia sebut namanya, pelan dan berulang-ulang. Sampai ia tak mampu lagi menahan gelapnya ruang yang mengarahkan suara mudah sekali menguap. Disudahinya ketidaksadaran yang mengulang itu. Peluang tak pernah berpihak berulang-ulang pada mereka yang tunduk pada ketidaksadaran. Ia menyadari itu. Ketidaksadaran yang membuat hawa menjadi tak terkendali dan cenderung menuju hempas.

Adakah, ia menutup lamunan dengan sebuah pertanyaan yang sama. Adakah gelap ini menjadikannya mati? Jawabannya kali ini adalah tidak. Padahal kemarin jawaban yang ia dapat dan bilang adalah ia. Begitu malam mulai melepas rangkulnya. Ia terkapar. Bersimbah rindu. Pada ruang dan kata. Ia sampaikan bait penghantar sadar.

Rupa-rupanya awan yang di ujung sore bersama jingga telah menebar rasa. Rupa-rupanya rindu memang tak bersuara.

CoffeeSophia, 4okt13

*zn
Anakwayang

One thought on “Rupanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s