Lekaslah Pulang

Sejak menjadi pelangi di ujung timur. Yang selalu hadir usai hujan turun membasahi kota. Yang membuat orang-orang menepikan waktunya untuk memandangimu, mengambil gambarmu, mengagumi keindahanmu dari kejauhan, merangkaikan kata tentangmu, membuatmu menjadi teks sebuah.lagi. Sejak itulah aku tak henti untuk menantimu pulang.

Kamu yang berwarna-warni dan tak bisa kujangkau, ku raba, bahkan ku genggam. Telah sering tampak di tidurku, sebagai bunga. Hadir disaat aku tersadar di jam-jam awal. Bertengger di atas-pojok kamar. Begitu ingin kuraih. Kau hilang dan pindah ke pojok lainnya. Masih di tempat yang sama. Kamarku yang tak berwarna. Kamar hitam.

Sekiranya saja kamu tahu. Pelangi sepertimu telah membuatku jatuh hati. Bukan pada pelangi lainnya namun kepada hal-hal yang beda yang berdampingan. Seperti telah diikatkan sebuah mantra. Hingga lekat dan dekat. Seperti telah disusun sebagaimana rupa oleh Sang Maha Indah. Lagi-lagi hanya untuk dilihat, dinikmati dari kejauhan, dijadikan sumber untuk bercerita, sumber untuk merangkai kata. Bukan untuk diraih apalagi dimiliki.

Setelah hujan itu, hujan yang turun di ujung sore. Kau yang biasanya nangkring di sebelah sisa-sisa sawah pinggir kota. Tak hadir. Tak tampak dirimu. Sehingga tak banyak kata yang bisa kucurahkan tentang kerinduan hadirmu saat itu. Seolah ketiadaanmu mengatakan padaku. Berbisik mesra tentang jingga yang di ujung lainnya. Yang tampil membara menghangatkan langit bagian barat. Merekahkan langit yang penuh awan-awan pecah. Membuat laut penuh warna dengan sisa cerita yang berbeda hingga bibirnya yang penuh kecup resah.

Tentang pelangi yang berpindah dari langitan. Dirimu pelangi itu, lekaslah pulang. Berpulang pada lautan.

Kamarhitam, 28Jul13

*zn
Anakwayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s