Bayangan

Di jalan yang basah karena rintik hujan malam tadi. Aku masih dibayangi ketakutan yang sewujud. Pada putaran roda sepeda kuceritakanlah. Pada ramainya jalan kutumpahkan. Pada malam yang terangnya pura-pura ku senandungkan nuansa bayangan ketakutan itu.

Melayang. Lama. Menari. Aku tak pernah tahu mengapa begitu seringnya ia bergejolak. Tak pernah ingin apalagi berangan. Tapi semua itu terus ada di hadapan. Bagaimana juga ketakutan itu harus bisa diajak berdamai. Bisa dengan duduk-duduk di pantai. Atau bisa juga di kedai kopi kegemaran. Bagaimana juga ketakutan itu harus berubah wujudnya. Aku tak akan meluapkannya sembarangan. Aku tak akan menceritakannya pada telinga-telinga yang pura-pura mendengar.

Semua pencerita larut dengan ceritanya. Begitu juga mungkin yang kurasa. Ia larut dalam kopi yang dingin lebih awal. Tak seperti biasa. Atau jangan-jangan rindu sudah tak sehangat dahulu. Oh tidak. Sudah kutanyakan pada rembulan yang bulat. Bahwa jika rindu belum juga terungkap. Ia masih dipastikan dalam kondisi hangat pada kotak bergambar hati. Tenang sudah ketika itu timbul di permukaan..Lalu yang mengganjalku kini sdalah warna apa rindu itu? Rinduku padamu. Adakah ia berwarna, atau tanpa. Hanya hitam putih belaka? Atau Merah lebam dan jingga. Dan sekarang setelah kubayangkan dengan sangat. Aku mulai tak memperhitungkan warna itu. Aku memilih rabun saja. Agar ketakutanku yang melayang berlama-lama itu akan melebur dengan malam-malam yang kunikmati. Dengan aksara dan sepi. Dengan musik dan sunyi.

Datanglah ke sini. Aku memgundangmu. Di kamar ini kau akan melihat wujud ketakutan itu tampak pada barisan kaset, tumpukan buku dan majalah, di balik kasur, di gantungan baju, bahkan pada dinding yang bisa bicara jika diminta. Hingga mataku tertutup maka ketakutan itu turut serta. Padahal kalian bisa saja membayangkan, ketakutan itu mungkin cuma bayangan.

kamarhitam, 22Jul13

*zn
anakwayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s