Lepas

Lepas sudah mentari yang jingga itu ditelan dikit demi sedikit gerbong-gerbong tua kereta senja yang menuju ke barat. Terbit di dalam diriku sesuatu yang meresahkan. Sesuatu yang begitu kacau. Ia datang ke dalam pikiran. Lalu sampai sekarang mendekam. Dan setiap malam, aku hanya bisa diam, lalu diam, hanya diam. Membiarkan ia berkolaborasi sesukanya. Memainkan peran yang ia bisa. Sepuasnya kupersilahkan ia menggelayuti setiap angan yang menerawang. Menelenjangi setiap rahasia yang masih saja, dan akan kusimpan, entah sampai kapan.

Melalui udara, ada sisipan yang akan melayang menujumu. Apa itu? Biar kamu buka sendiri. Ia akan menghampirimu dengan muka yang datar. Tanpa ekspresi. Bahkan mungkin tanpa muka. Hanya gumpalan rambut yang terbakar. Yang rusak tepapat cahaya merkuri. Pesan itu juga besar kemungkinan adalah diriku yang membelah? Baru tahu? Baru mau tahu? Diriku yang mana, aku pun tak tahu. :)

Lekas sudah bintang-bintang yang bertebaran tertutup awan. Bukan mendung. Karena disini angin tak mati. Angin bertiup pelan. Membelai keresahanku yang makin menjadi.

Tiba-tiba suara ketukan drum makin meliar. Lalu tuts piano yang berlari-lari, ke sana-sini. Jari-jari kuat membuat bunyi senar bass tot tet bam bam bam tot ter. Gitar dengan muka yang menghayat, senar-senar lirih dan cepat tiyuuuung tuwiwiwit tiyuuung tuuuiiit tuiiiit menyambut suara pianika yang melodius. Tanpa suara. Tanpa kata. Hanya bunyi yang berirama. Keresahanku berdendang. Tentang dirimu. Tentang cerita yang tak pernah terwujud. Seperti mentari jingga yang saban petang ditelan raksasa bernama waktu.

bentarabudaya, 16Jun13.

*zn
anakwayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s