Ketidakberpihakan Jekarte

Sepertinya judul dari ‘nyablak’ versi gue ini berlebihan. Tapi ya-itu-lah yang gue rasa. Sambil menenangkan kegelisan gue dua jam lalu, judul itu ‘ujug-ujug’ timbul di kepala. Dan gue akan menuliskan kegelisahan gw barusan. Jadi malam ini:

Jekarte hujan, bentar sih tapi rada gede ditambah ada angin. Gue yang sedang nganclep di rumah sodokur di daerah daan mogot. Orang jekarte dan sekenanye pasti ngerti tipikal dari jalan ini. Kalo kata bang foya tuh ya kagk banjir cuma tergenang. Hiahaha. Iya tergenang karena cuma bagian pinggir jalan doang. Itu lagu lama tapi tetep aje. Bisa jadi pemicu dari penyakit lainnye.

Nah ini penyakitnye, gue putuskan untuk naek transjakarte. Dan itulah ketidakberpihakan jekarte sama gue bermula. Gue memilih transjakarte karena sesuatu banget. Lebih murah dan lebih cepet. Tapi bohong. Yang berhenti bis penuh sesak. Yang cuma ngangkut satu orang dari shelter keberangkatan di mana gue berada. Yang bikin gedek laennya, lewat aje gitu bis kosong/sepi, nyelonong kagak berhenti, penumpang mane yang mau dia angkut. Sungguh ter-asuuu, ada kali barang lima bis. Malam ini transjakarte gue kasih bonus satu kata, taek! Hahahaha. Duap uluh menit gue diguncang kegelisahan, ceritanye ni kereta progo jam 22 meluncur ke kota gudeg. Kalo gue tetep setia ama ni angkutan kagak ada damainye, ujung-ujungnya gue loncat dari shelter dan menyeberang jalan. Gw akan ngeteng angkutan laen. Kopaja P12 jadi pilihan. 5 menit nunggu di bawah jembatan penyeberangan. Gue putuskan nyambung angkot dari grogol. Kopamilet jadi gacoan. 2000 ongkos sampe grogol. Dari grogol gak lama P12 dateng. Huh. Sukurlah.

Dengan penuh harap gue naek. Sekarang pertanyaannyea berape ongkos ini jasa. Gue pikir naek angkot 2000 nah kalo naek yang begini 3000 mungkin. Gue bayar 2 lembar 2000. Abang kondekturnya nanya ‘berapa orang?’ Gue jawab ‘satu’. Nah terus si abang melehoy aje. Seribu kembalian gue melayang. Atau mungkin emang 4000 ongkosnya. Tapi kok gue ngerasa kena bokis. Soalnye penumpang laen bayar 2000. Ngepot! Yaudahlah, tanya sebelah gue dia juga kagak dablek. P12 jadi kendara jet darat versi gue malam ini. Hehe.

Dalam P12 doa gue jangan jadi bekicot nih bis nanggung. Dan akhirnya 30 menit dengan teriakan cempreng si kondektur dan knalpot racing si P12. Gue sampe senen. Huh. Leganya. Jam 21:05 gue sampe dan nginjek stasiun. Pulsa-pulsa. Hape gue butuh pulsa. Berhubung di senen dah ‘bersih’ dari pedagang. Gue harus muter dulu. Pulsa goceng, 8000. Pulsa ceban. 13000. Ngehe doangan. Gw terpaksa beli yang ceban. Berase. :(

Nah cukup nyablaknye. Kesian jekarte diomongin mulu. Kebanyakan yang jelek-jelek. Nah mudah-mudahan jadi pengingat gue. Bahwa jekarte belum baek bener. Memang butuh waktu, makanya itu! Waktu, gue kagak mau kehilangan tiket harga 90.000 gegara transjakarte yang cuman 3500, tapi bikin puyeng karena lamaaaa, hahaha.

Sekian. Maaf maaf aje kalo rokes bahasanye. Hahaha.

Progo dah jalan tepat waktu. 22 WIB (waktu indonesia bagian bener). doi meluncur. Depan gue ada suami istri. Si bedu di samping gue lagi baca buku. Ahai jogya lagi. Sampai berjumpa lagi.

Gerbong 3, 9Jun13.

*zn
Anakwayang

Leave a Reply

