Dalam Hutan

Pejuang termangu. Sendiri di dalam pos jaga. Terik yang menembus dedauan, mencipta terang yang menyorot. Melayang pikirannya pada sebuah taman, tengah kota. Merajut ingatan mengenai seorang yang telah menemaninya hampir empat tahun ini. Yang entah sedang apa dia sekarang? Bagaimana kesehatannya? Bahagiakah dia dalam penantian.

Ingatan itu diputar kembali, seperti ada film yang bergerak
meninggalkan gulungan satu, menuju gulungan lainnya. Film-film itu berkisai tentang taman yang terhimpit bangunan-bangunan tinggi sekelilingnya. Hanya menyisakan sepetak wilayah pandang yang mengarah ke barat; ke tempat pulangnya matahari, pulangnya terang, datangnya fajar di sisi kehidupan lainnya.

‘sudah enam bulan, hatiku berkelana tak kunjung berarah, seperti terpenjara di dalam hutan ini, untuk perlawanan’

Sang laki yang bergabung dengan kelompok perlawanan terhadap penguasa, meninggalkan kasihnya di tengah kota yang bergolak. Penguasa telah buta, maka kami bergerak. Penguasa telah tuli, maka kami bernyali. Penguasa sudah tak punya hati, maka kami siap berjuang hingga nanti- hingga mati.

Suara dari radio panggilan mengagetkannya. Angan-angan ingatan pun lepas lerai. Digenggam dengan mantap senjata laras panjangnya. Sebentar lagi sore datang, dan senja berkunjung. Aku akan bergantian jaga dengan pejuang lainnya.

Dari hutan, dengan memanjat rumah pohon yang jadi menara pengawas. Aku ingin menemuimu di taman kita. Memandang langit tak jemu. Bercerita tentang lagu-lagu. Kepada senja yang serupa. Masihkah kau menantiku di taman, di bangku dekat lampu taman yang bulat itu, sambil mengulum permen tangkai?
Aku begitu merindukanmu. Semoga sabarmu, sabarku.

TNG, 8JUN13.

*zn
Anakwayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s