Permintaan, Tolong dan Jin

Tolong jangan lagi merasuk dalam mimpiku. Aku terlalu mudah tersulut duka untuk membuka lembaran yang berat itu. Seperti mudahnya aku terpacu akan cerita suka yang pernah terjadi. Pada ujung cerita kita, atau mungkin aku saja, yang tertemukan tenggelam dalam cerita–tak pernah diketemukan dalam kisah sejarah peradaban kita (khusunya kau dan aku), entah itu wujud maupun penggal nama.

Jangankan untuk membukanya paruh lembar saja. Melihat judul ceritanya saja aku sesungguhnya tak mampu–tak mau. Nafasku sering kalah, terengah-engah dan akhirnya aku akan menepi jauh dari sepi, mendekat pada sunyi yang ternyata adalah kawan karibnya sepi.

Aku tahu, kau pun sebenarnya takkan menyangka, apalagi berkeinginan untuk menjadi pemeran utama dalam potongan cerita, yang hanya dalam mimpi itu.  Tetapi semua itu mengalir tak terbendung. Aku bisa saja mengarang cerita, jika diberi kesempatan untuk memilih stasiun cerita sebelum tidur. Aku takkan menekan tombol pengendali jarak jauh untuk mengeksekusi cerita kita, tak akan. Hanya cerita yang (tentunya) penuh drama jika aku benar-benar menekannya.

Aku sebenarnya, tak ingin berandai-andai bahkan dalam mimpi sekalipun. Namun lihat sang jin iseng datang memberiku kesempatan untuk menyebutkan 3 permintaan. Baru kesebutkan namamu (jadi permintaaan pertamaku). Jin itu sekonyong-konyang langsung tertawa bahkan terbahak-bahak. Jin itu sepertinya terlalu bersenang-senang dengan permintaan konyolku (aku menyebutnya konyol-karena namamu sendiri adalah pemberian, bukan hasil dari permintaan). Jin itu tak pernah memberiku pilihan yang kedua dan ketiga. Dia masih saja tertawa. terpingkal-pingkal. Dan menghilang (dalam pengertian kabur).

Harusnya aku meminta ini “tolong jangan lagi kau menyusup, merasuk dalam mimpiku.” Kini aku yang menertawakan jin yang kabur itu. Ia telah membuatku tampak bingung. Padahal aku memang bingung bukan hanya tampak.

kamarhitam, ditemani The Experience Brothers, 29MEI13

*zn
anakwayang

Leave a Reply

