Embara

Namaku Embara. Nama yang hanya satu kata. Dari satu kata itu aku libatkan diri, merekatkan lembar demi lembar cerita dari kisah tentang waktu yang berputar–bertahun-tahun, bergantian musim, dengan bepergian tanpa tujuan pasti. Tanpa tempat tinggal yang menanti, tanpa perbekalan berarti. Setiap tempat, setiap saat kuperkenalkan diriku, “Embara,” begitu aku berbicara kepada siapa saja yang menyapa dengan senyum dan jabat tangan.

Aku melangkah mengikuti angin malam yang dingin menusuk. Berjalan di gelap hari, dan berkegiatan ekstra di terang hari. Tak ada waktu yang terbuang berlalu. Tak mau aku menangisi hari yang kemarin, tak mau aku mengutuk hari yang ada di depan. Takk ada yang lebih baik selain menikmati saat-saat ini. Segala kesedihan menjadi pembangkit keterikatan. Keterikatan itu mendekatkan unsur-unsut kepedihan. Sehingga aku pun menganggap kebahagiaan “palsu” tak lebih baik dari kesedihan yang mengalir deras di atas dataran para pengasih dan pencumbu.

Begitu kurindukan, adalah yang melantunkan senandung sepi. Di dalam laut, di balik awan, di rerumputan. di sela-sela jemari berkuku hitam, di antara keping-keping uang logam. Tidak kutemukan sang sepi. Selalu, sering dibuatku menjauh, menjauh dari sikap sabar untuk tidak menunggu. Dan hari yang lelap dalam pelukan. Berpindah cekatan ke dalam genggam yang melepas debu. Yang terbang terbawa angin. Di butirnya ada dendam yang hitam, ada rindu yang terang. Namun sepi datang lagi, tak pernah datang sendiri kini. Ia membawa kawan karibnya. yaitu dekat jenuh.

Aku Embara. Menanti sepi datang kembali. Aku ingat ketika di datang, ada gemuruh angin yang nggun membelah senyap menyertakan berbatang-batang melati. Aku Embara, mencoba mengerti. Kenapa kasih begitu mudahnya tertusuk duri?

kamarhitam, radio, 28Mei13

*zn
anakwayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s