Menjemput Waktu Pulang (lagi)

Di hadapan seonggok pemutar musik dan segelas kopi. Ada alunan yang pas mengiringi rasa rindu bercampur ragu. Adakah pertanyaan yang begitu sering diucapkan akan terulang kembali mampir di telinga. Ada ketakutan sedikit untuk menghadapi itu. Tapi biarlah, toh masa yang kemarin itu akan selalu terulang, teringat, dan coba dihempaskan lewat jendela kereta yang menuju senja.

Kamu mungkin saja bisa menepiskannya, melempar jauh ke awang-awang. Sangat bisa. Dan siapa yang bisa kir sebuah kisah yang kemarin itu bisa berubah sekejap menjadi bumerang. Siap kembali. Membentur kepala lalu melukai ingatan. Dan akhirnya terbangun paksa. Untuk segera bergerak. Entah maju atau mundur. Semua keputusan bisa diambil dengan berbagai pertimbangan. Namun selama kepalamu siap meneripa sentakan bumerang tadi. Kepalamu masih ada ruang kosong yang siap menampunh keluh dan rasa tidak percaya, kenapa harus takut? Lagi-lagi ketakutan macam itu membunuh, membunuh kebebasan imaji. Dan bisa saja menjatuhkan korban.

Deru kereta makin dekat. Siang berlalu dan sore akan melaju. Di rel kereta semua kisah pernah ads gesekan. Kencang atau decit kaget. Gerbong-gerbong, bordes tak pernah diam. Mereka selalu, selaku saksi, berlagak bisu. Padahal mereka saksi kunci. Betapa langit senja pernah bercerita tentang rinduku yang lebam, dan rindunya yang terburai di pasir pantai. Kereta tak pernah bisa hilang. Meski karcis ekonomi sudah sedang dihilangkan, diganti dengan dingin buatan. Yang membuat kisahmu. Menjadi dingin, menggigil. atau mungkun menjadi penghangat yang membakar. Entahlah. Deru itu. Kisahmu. Dan juga anganku. Belum juga satu. Semoga saja perginya tak jauh. Pulanglah dengan debu.

Kamarhitam, ditemani aatpsc, split femau/deadlyweapon, 26apr13.

*zn
Anakwayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s