Demikian Itu

Demikian itu, keinginannya–mengasingkan diri dari gegap gempita gemerlap kota. Lalu menyendiri di sudut jauh pekampungan dekat sungai besar. Tempat sunyinya kini di kelilingi hutan lebat.

Dalam keseharian yang berbeda. Di tempat ini hanya berburu dan meramu yang dilakukannya. Berbekal pengetahuan bertahan hidup di alam bebas, yang diajarkan kakaknya yang lebih dulu dimatikan, dihilangkan sebab menulis kritik di koran lokal.

Dia masih ingat betul apa yang kakaknya ajarkan. Bagaimana memilih tumbuhan yang bisa dimakan, bagaimana menangkap hewan buruan, meramunya dengan benar. Dan semua itu dipraktekannya dengan seksama. “Jangan sembarangan di daerah orang”. Dia coba mengucapkan kembali apa yang dipesankan kakaknya itu berulang kali.

Dia di sana tidak sendiri, membawa turut serta kucing kesayangannya yang juga kesayangan kakaknya. Kucing lokal boleh mengambil dari pasar, bernama srigala. Kini dia kemana-mana di sudut sunyinya bersama srigala.

Satu bulan rencana mengasingkan dirinya dilakukan. Jika ini berhasil, dia telah punya rencana yang lebih jauh lagi. Menyeberang ke pulau lain. Dengan pola hidup yang jauh berbeda dengan kesehariannya di kota.

Kegiatan yang paling ditunggu adalah menulis apa saja yang telah dilakukannya seharian. Dari apa yang dialami dan diketemukan. Semuanya dia tulis dalam buku khusus yang dia bawa. Di sampul buku catatannya itu tertulis pesan kawannya yang juga gurunya, ketika dia mengeluh karena tak bisa menulis, menulis seperti mengobrol dengan bentuk teks. Tumpahkan saja segala yang telah kamu lihat, dengar, rasakan, dan.alami.

Sebelum hari berganti, dan cerita baru akan terjadi. Saat itulah dia menuliskannya. Gelap mengalir seperti cerita. Terang akan menampungnya. Ketika dahaga itu datang, dengan bebas silahkan meminumnya.

Kamarhitam, mendengarkan daftar main acak, dengan cimeng dan bule yang bercanda, 13MAR13

*zn
Anakwayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s