Gerbong Satu

Jumat yang cerah, matahari benar-benar lagi cemerlang. Sore ini sinarnya mencipta bayangan yang panjang. Di dalam gerbong satu, masih dengan suara muda mudi dengan berisik yang ceria. Mempertanyakan berisiknya mesin lokomotif nanti jika berjalan. Di bangku nomor 10 C aku menitip barang, juga badan. Menanti 16:50 kereta Progo akan meluncur ke Barat, lewat jalur Selatan. Dengan mengetikkan huruf demi huruf kulewati masa menunggu. Kereta “baik hati” ini akan melewati stasiun besar dan kecil, mengalah jika kereta bisnis/eksekutif ingin melaju. Kereta ekonomi yang ekonomis. Dengan 35 ribu rupiah, dari Jogja bisa menuju Jakarta.

Pulang, harus pulang. Ya menengok keluarga dan menghadiru undangan pernikahan “kawan dalam”. Lagu Begundal Lowokwaru yang berjudul selamat menikah teman sangat pas ku kira.  Shine on You Crazy Diamond milik Pink Floyd, Perjalanan Awan milik Sawung Jabo, Lucifer’s Memory (CoM) bisa jadi pas juga. Mengiringi deru cerita kerita menuju ibukota.

Berbagai bekal ku bawa, dari makan minum, kawan baca, dan musik kereta. untuk perjalanan kali ini. Di Etalase milik Ugoran Prasad, dan Buku Harian Seorang Penipu karya Rendra boleh pinjam milik kawan, Faqih. Yang juga mengantarku ke stasiun tadi. Serta musik kereta berupa Pink Floyd, Sawung Jabo, Comets on Fire, dan kawan lainnya lagi.

Lokomotif telah beroperasi. Suara bel peringatan/pengumuman stasiun berulang kali berdering, suara kepala stasiun terdengar memperingatkan. Tiket juga sudah diperiksa petugas.

Setelah melempar pandang, banyak yang manis ternyata di gerbong ini. Hehehe. Aku kebagian bergabung bersama sebuah keluarga, ayah ibu dengan anak dua, laki perempuan. Bakal ramai-ramai rusuh ini rasanya. :D

Lima menit lagi harusnya kereta meluncur. Semoga banyak cerita yang mengalir. Di sisi jendela kereta. Jingga akan menyapa. Wangimu masihkah menemaniku pulang? biar. Kamera film siap membuka rana semacam ritual.

Kereta berangkat. Selamat jumpa, senang-senang di jalan.

Gerbongsatu, suara obrolan, 8 feb 2013

*zn
anakwayang

5 thoughts on “Gerbong Satu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s