Sistem Operasi

Perkenalan dengan Ubuntu kira-kira 5 tahun lalu, ketika Ubuntu masih 8.10. Dan mulai ber-“pegangan erat” lagi disaat Ubuntu mencapai 12.04. bahkan 13.04 sudah bisa “dicicipi”. Jika dilihat begitulah khasnya Ubuntu. Menggunakan kode rilis dibelakangnya. Contoh Ubuntu 12.04–yang berarti rilis pada tahun 2012 bulan April (04).

Kita bisa memasang Ubuntu di komputer rumah atau jinjing. Dengan menggunakan CD atau bisa menggunakan Flashdisk/harddisk. Berbagi pengalaman teknologi di hari Rabu.

Dan saya akan membagi cerita apa saja aplikasi (app) yang saya pasang setelah Ubuntu (sistem operasinya) berhasil dipasang.

Berikut daftarnya:
Untuk asesoris. Saya menambahkan “Shutter” untuk nenangkap (capture), mengubah (edit) dan berbagi(share) screenshots. Ada “Guake Terminal” untuk terminal baris perintah, dengan menekan tombol-F12 Guake Terminal akan keluar. Dan bisa disembunyikan lagi. Sebenarnya ada terminal bawaan (gnome-terminal), tapi saya lebih nyaman menggunakan Guake. Selera. :)

Untuk grafis, saya menambahkan “GIMP Image Editor” (membuat gambar dab merubah fotografi), “Inkscape Vector Graphics Editor” (membuat dan mengubah gambar vektor–berbasis garis, flow charts dan logo dengan menggambar), dan “Shotwell Photo Manager” (mengelola foto-foto).

Berkenaan dengan internet saya memasang peramban (browser) “Chrome” berdampingan dengan “Firefox” yang jadi aplikasi bawaan. Mengunduh dan mengunggah berkas kelalui FTP, FTPS, SFTP menggunakan bantuan FileZilla.

Untuk pekerjaan tulis menulis (office) sya tak menambahkan lagi. Cukup dengan app bawaan dari “LibreOffice”.

Untuk app “sound & video”, saya menambahkan Clementine, app bawaan seperti Rhythmbox Music Player saya hapus (remove). penambahan plugins untuk memutar mp3 dengan “GStreamer extra plugin”, untuk memutar video dengan menyertakan “GStreamer ffmpeg” dan GStreamer plugins lainnya. Jangan lupa mengikutsertakan “VLC media player”.

Itu semua bisa didapatkan di “Ubuntu Software Center” atau yang bisa juga menggunakan baris perintah. Lagi-lagi sesuai selera. Kostumisasi sesuai dengan kebutuhan. :D

Sekian, lain kesempatan berbagi bagaimana caranya. Sip! :

kamarhitam, mendengarkan sejumlah lagu “Rumah Sakit”, feb 6.

*zn
anakwayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s