Penasaran

Dengar itu ada suara Sid Vicious sama Sex Pistols-nya berisik-berisik amburadul namun tetap berkharisma dan berdaya dobrak dari pemutar kaset. Ada kopi susu juga di gelas tadi panas sekarang sudah tidak. Ada juga kepala yang sedang mengingat-ingat apa yang telah dilakukannya sehari ini. Sembari merancang apa yang akan dilakukan jika besok masih mau. Yang sudah ada untuk besok adalah melihat upacara Grebeg Maulud, dan itu amat pagi. Jadi harus bangun awal kalau mau dapat tempat yang pas untuk melihat prosesinya.

Nah setelah intro barusan ini bukan soal Sex Pistol apalagi Grebeg Maulud. Ini sedikit berkenaan dengan teknologi. Apa, teknologi? Iya Teknolagi. Eh. Hehe. Mencoba saja. Bercerita tentang teknologi. Topik yang masih saja membuatku kecil nyali untuk memperbincangkannya di hadapan khalayak jagat maya. Haha.

Begini, hampir seharian berkutat dengan Ubuntu (“Kemanusiaan kepada sesama” berasal dari filosofi di Afrika Selatan). Dari model pemasangan (install) menggunakan keping cakram (CD) dan tidak berhasil. Lalu menggunakan Flashdisk baru berhasil.

Membuatku semakin penasaran dan makin penasaran sama distro sistem operasi (SO) sumber terbuka yang satu itu. Bangun tidur pun yang kepikiran komputer jinjingku yang rusak SO-nya dari kemarin. Alih-alih membuatnya agar cepat berakselerasi. Yang terjadi adalah akses ke SOnya tidak bisa alias gagal masuk.

Setelah melihat-lihat melalui dalam jaringan. Sudah coba sana-sini belum berhasil juga. Ternyata harus membuat ini berhasil adalah dihancurkan dulu. Maka dari itu cari cara bagaimana mengamankan data-data yang masih tersimpan di partisi harddisk Ubuntu. Masuk melalui Windows dengan mode aman. Karena mode normal Windowsku juga rusak. Menggunakan bantuan aplikasi bebas Ext2explorer akhirnya data-data bisa di pindahkan ke tempat yang sementara aman. Dari sekian data-data adalah penting itu data gambar dan lagu.

Gambar adalah dokumentasi momen tentunya, akan banyak sesal yang datang kalau tak bisa menyelamatkannya. Dan lagu ini khusus karena aku dapatkan pada acara temu darat para penggiat dan penikmat NetLabel. Butuh waktu (lagi) untuk mengumpulkannya satu demi satu. Syukurlah masih bisa diselamatkan.

Linux sendiri banyak macamnya. Semenjak mengerjakan tugas sakti duniaku agak tidak seperti biasa. Aku mulai sering berpuasa menggunakan SO Windows, itu juga jika mendesak sesekali ku gunakan kembali OS yang menjadi awal perkenalanku pada dunia komputer dan macam-macamnya itu. Lalu mengiringku untuk memilih jurusan di sekolahku sekarang ini.

Kelebihannya banyak. Tak hanya untuk bekerja standar, mendengarkan musik, menonton film, dan berselancar internet. Ternyata bikin penasaran juga.

Satunya yang membuatku selalu penasaran adalah membuat desain menggunakan aplikasi Ubuntu. Maklum saja terlalu sering bersentuhan dengan Windows menyebabkan butuh waktu juga untuk beradaptasi.

Dan sekarang Ubuntuku macam minta ini-itu. Karena aku memilihnya tentu akan kupenuhi keinginnya. Haha.

Sudah ya. Papan ketik sama tetikusnya minta disentuh. Lagi Sex Pistol-nya masih berisik saja. Kopinya yang mulai menghangat juga minta di-sruput. Masih buat penasaran.

Kamarhitam[23/01/13]
anakwayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s