Sebentar

bukan yang terakhir
lagi-lagi volume standar keluar dari kotak hampir kembar itu
menemani langkah menjadi seorang pelaut, bisa juga petani laut,

sebentar
kusiapkan sebatang teman untuk berlayar
tujuan hari ini ke taman pikiran,
mari berlayar

perjalanan;
anginya tidak kencang,
ya, seperti angin kemarin,
gemuruhnya tak berisik
ya, seperti gemuruh yang kemarin
terangnya tak menyilaukan
ya, seperti terang kemarin
senyumnya tetap merekah
ya, selalu merekah

sampai di taman;
aku melangkah masuk area taman
disana ada bangku panjang yang kosong

sebentar
kusiapkan sebatang teman untuk bersandar
tujuan berikutnya masih sama, ke taman itu,

kusandarkan separuh tubuhku
nafas engah selepas mengayuh dayung
taman di tengah kota
dengan lampu tertunduk lesu di siang hari
menjadi tak berguna karena adanya matahari
dengan orang yang berjalan kesana-kemari
ku tak tahu apa yang mereka cari
dengan pohon rindang yang melindungi
kubiarkan daun yang gugur menari

temanku datang:
temanku datang, aku kenal dia di toko buku,
dengan status bekas,
ku lamar dia jadi temanku
tapi temannya terdahulu meminta beberapa rupiah
kuberikan, karena aku mau
buku itu sekarang menjadi temanku
sekarang buku itu datang dari tasku
sekarang kugenggam temanku,
perlahan ku ajak bicara lembar demi lembarnya
temanku banyak bicara ternyata
aku tetap menikmatinya
temanku yang berasap coba merengkuh langit

suatu ketika:
temanku berkata
*Temukan saja anak-anak muda dari berbagai penjuru, sebagai “korban” terbesar media, akan terlalu banyak wacana yang sama dalam budaya media mereka, yang disebut sebagai budaya pop itu – meski bahasanya sungguh berbeda. Begicu!

sungguh teman
aku semakin tak mengerti
sebentar,
aku berhenti

pulang ke:
langit semakin lebam
awannya menumpuk membuat seram
kusudahi lawatan ke taman
aku harus berlayar lagi
pulang

sungguh teman
aku masih tak mengerti
sebentar.
aku berhenti

kamarhitam 21/12/12
anakwayang

*Kentut Kosmopolitan karya SGA (h. 219)

3 thoughts on “Sebentar

Leave a Reply

