Cerita Ingatan

Berbahagialah.

Sebelum memulai bercerita tentang ingatan perkenankan saya menikmati segelas kopi sambil merasakan perut yang baru saja terisi dengan mi rasa soto plus telur. Ada suara almarhum Franky juga yang sedang menyanyi di pemutar kaset stereo. Di ruang tengah seorang kawan sedang menonton FTV walau tadi sempat saya pengaruhi untuk mengganti saluran pertandingan akbar antara Chelsea melawan Liverpool. Setelah ibadah makan, saya tinggalkan nongkrong di layar kaca untuk melanjutkan nongkrong di depan layar komputer jinjing. sembari menceritakan akhir pekan yang akan berakhir beberapa menit lagi.

Mengakhiri pekan dengan dua acara musik yang memanjakan rasa dan pendengaran. Dengung simponi musik-musik masih bergaung hingga sekarang. Dimulai sabtu malam dengan menghadiri acara Celtic Punk Night yang diadakan di Tomota Cafe. Acara yang didukung oleh ben-ben punggawa musik celtic punk/folk/oi. Para penikmat yang datang diajak berdansa dengan musik yang ceria dan bersemangat, diselingi tembang penurun tempo, dinyanyikan bersama. begitu mesra dan bergelora. Haha.

Celtic Punk NIght

Ben-ben bergantian menghibur, mengajak berdansa dengan caranya yang khas. Berikut adalah biang keroknya, ada Charlie’s Rum and The Chaplin (Surabaya), dari Yogyakarta ada The Cloves and The Tobacco, Skarockoi, Dirty Glass, Forgotten Generation (Bandung), The Working Class Symphony(Surakarta), Ten Holes (Jakarta), Billy The Kid (Semarang).

Kepala ini turut bergoyang, kaki tak mau diam, tangan bergerak meniru ketukan drum, sesekali saya pun berteriak mengikuti lantunan. Yihooooii. Selesai acara saya dan kawan-kawan pulang, Saya menemani kawan untuk bertemu ayahnya yang sedang mampir. Dalam perjalanan, saya pakai kaos hadiah yang didapat dari acara tadi, dimaksudkan biar kaos itu tak baru lagi. :P

Hari minggu yang dini pun tiba, ada obrolan untuk nonton pertandingan bola bersama kawan-kawan diluar, ternyata malam berbisik lain, kami memutuskan untuk menonton di kontrakan, dengan berbekal makanan dan beberapa kudapan gorengan tempe, tak ketinggalan kopi. Kami menyambut pertandingan malam itu. Pertandingan Serie-A antara Pescara sebagai tuan rumah melawan Juventus! Babak pertama berakhir dengan keunggulan Juventus 1-5. Saya tertidur di jeda waktu pertandingan, lalu terbangun di akhir babak kedua. Juventus bisa mengatasi rasa laparnya dengan melahap Pescara. Skor akhir Pescara (1) dan Juventus (6). Tiga angka Juventus bawa pulang.

Rencana minggu pagi mau menuju Solo lagi, melanjutkan petualangan minggu kemarin, tetapi jadwal kereta (murah) sudah tidak asik seperti kemarin, dengan mengumpat, niat itu pun tertunda.

Minggu malam waktunya FSTVLST dan Shaggy Dog bermain di JEC. Saya beranjak dari kontrakan, menghadiri. Festivalist main, dengan format awal yang mengagetkan, setidaknya buat saya pribadi, mereka tampil tanpa pemain drum. Lagu awal dinyanyikan bersama, tanpa ketukan. Pertamanya saya merasa asing, pertengahan tembang selamat datang saya mulai beradaptasi. Dua lagu banyaknya, tanpa simbal tanpa ketukan. Dan ternyata lagu ketiga penggebuk rombongan simbal dkk. datang mengampiri perangkat pujaannya. Penikmat pun mulai berjingkrakan, tak mau kalah dengan aksi panggung Farid yang aktif itu. Beberapa lagu berkumandang. Saya ikut bernyanyi. Sudah saatnya Festivalist menutup aksinya, berupa lagu yang (sering) berisi ritual ludah-ludahan, meludahi dan diludahi. Akhir kalam, saya begitu menikmati aksi musik yang mereka ramu, seperti yang sudah-sudah.

Farid Festivalist

Bergantian dengan Shaggy Dog, giliran Heruwa dan kawan-kawan membuat para penikmat berdansa teratur. Panggung yang asik, ben yang keren dan penonton yang aktif. Cerita ini saya tutup rasa syukur saya akan hari yang berisi “Salah Asuhan” karya Abdoel Moeis. Telur, tempe, mi dalam perut dan kopi dalam gelas di atas meja. Senin sudah berpuluh-puluh menit tiba. Selamat datang Senin, atas nama ingatan dan penyesalan, apapun itu. Bebahagialah kawan.

Kamarhitam2012, 11-12 Nov. Lelaki dan rembulan.

anak_wayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s