8760 Hari Lebih

Hmm… :)

* Temukan diri dalam dunia.. tak terkira.. aaa..
    semua mati dan menghilang.. terlalu pagi.. temukan arti..
..
Temukan diri dalam dunia.. tak terkira.. aaa..
tak berarti tak akan pasti terlalu gelap… pergilah pulang..
..
* lirik “Kosong – Pure Saturday”

Jumat, 2 november 2012  sehabis Isya beranjak dari kamar kontrakan “Akhlakul kharimah” dengan sepeda meluncur ke pasar senthir untuk apa, untuk silaturahmi rutin dengan beberapa pedagang di sana. saya berkumpul bersama teman-teman di jalan Mangkubumi. Dan kuputuskan untuk melaksanankan niatan awal dari rumah kontrakan menuju vredeburg untuk merayakannya apa? dengan siapa?

image

Masih di Indonesia diatas bangku di bawah naungan pohon bunga kamboja di depan benteng Vredeburg, saya menentukan posisi. Dengan buku, dengan musik, dengan kepala, dengan hati, dengan rindu, dengan beberapa batang sigaret. Tak terasa kira-kira 8766 hari lebih saya sudah menjadi aktor di panggung bernama bumi ini. Oh betapa menariknya malam, berkat bantuan lampu  kota saya tak perlu membawa senter. Saya mulai mengarungi beberapa ribu detik berlalu dengan membaca, menyanyi, melempar pandang, juga menggoda kucing.

Ya 3 november, sabtu sudah, ini hari siapa? Bukan milik saya pastinya, mungkin harimu, atau harinya. Ini hari dimana gerimis juga datang, bacaan yang menyenangkan, beberapa batang sigaret yang menghangatkan, suara pak de Sawung Jabo dan Sirkus Barocknya, gugurnya bunga kamboja. Saya pastikan hari ini mata saya bisa melihatnya, tangan ini mampu menulisnya.

ada paduan suara, ada kucing berkeliaran, ada orang yang memunguti bunga kamboja untuk menjadi bahan obat nyamuk katanyaang, ada orang yang sedang mencari jalan keluar, ada yang duduk sendiri, ada orang yang memaki, ada orang yang bernyanyi. Dan saya menepi. Duduk di tepi.

Setelah mengarungi ribuan kata demi kata, saya putuskan untuk berpindah tempat. Memberi kesempatan jari ini coba menangkap. Saya pindah ke utara, ke tempat yang pernah saya sengaja datangi dengan berjalan kaki untuk menulis begitu lepas, kemudian tertidur di samping pos polisi, hingga pagi menegur. Tugu.

image

Ada yang tertidur di jalan berdampingan dengan becak, sedang teler mungkin. Ada yang mengencingi tiang depan toko, ada dua, tiga, empat banyak sejoli, ada kumpulan anak bermotor, anak bersepeda, ada para pekerja, pos polisi yang bengong, dan lalu lalang kepala.

Aku ada.
Ambon.
Beberapa ribu hari yang lalu.
Tak ada yang tidur di langit, tak ada,
tak ada yang menutup mata,
jika menulis adalah menari maka aku sekarang ini sedang menikmatinya,
bagi siapa yang larut, tertelan apapun itu, tertelan apasaja
aku disini
jadi saksi
atas bayanganku sendiri.

Pink Floyd bergantian tampil setelah sawung jabo. Ingatan kepada rumah begitu kuat, bapak, mama dan adik, teman-teman, dia.

aku ingat, aku merenangi,
aku ingat bapak,
pandai bersyukur.
aku ingat ibu,
semangat juang,
tersenyum.
Aku ingat adik,
hidup sederhana.
aku ingat kalian,
aku bahagia.
pak, mak, maaf. maafkan saya pak, mak, dik maafkan
kalian, maaf.

hei semesta rasakan betapa besar cintanya mereka kepada kami, aku dan adikku, kepada siapa saja,
terima kasih sekali, dua kali, beribu juta, ber-kali tak terhingga.

tak ada, tidak yang ku kenal,
diriku ada,
dirimu ada,
dirinya juga,
diri kalian sendiri,
diriku yang lain,
diriku yang satunya,
satunya lagi.

Malam, jogya
  cahaya, tangerang
sajak-sajak, malang
    bising jalan, jakarta
sepakbola, ambon
        rancang citra, gunungkidul
   buku cerita, pacitan
dia yang tersenyum di kamarku, madiun
komputer, depok
   sepeda, bumi
suara instrumen, gitar, vokal, drum, semesta.

Setengah tiga kemarin pagi, roda kembali berputar, aku lapar. Alhamdulillah.

Dan untuk ucapan turut doa-doa kalian. Matur suwun saget. Kalian hebat. Ada kopi diatas meja. akan kuseduh, Monggo disruput sesuka kalian. :)

Vredeburg-tugu-kamarhitam
2-3 nov. musik acak yang hidup. Gelas kopi.

anak_wayang

Leave a Reply

