Jangan Khawatir

why? why? why?

Siapa yang tak mengaduh kala matahari begitu terang benderang menyiram bumi? Siapa yang tidak mengeluh ketika hujan dengan suara menggelegar menghentikan sejenak tawa? Mengalihkan jadwal yang telah dicatat?

adakah kalian yang mengangkat tangan sambil berujar siapa kau, ngehek sekali?

atau kalian yang berlari mengejar doa dengan bersujud pura-pura.

aku tidak tahu.

Pula setiap insan yang bernapas secara swadaya maupun yang mencoba dinafasi, mereka semua pastilah punya grafik kepercayaan akan bentuk bernama mood. Seperti halnya garis grafik yang menarik bukanlah yang datar, naik-turun itu jadi irama sendiri, setidaknya menurutku. Namun sekarang yang menjadi catatan adalah seberapa besar naiknya? seberapa banyak turunnya?

Atau seperti halnya ingus yang mampir, terus ingin keluar menuruni rongga hidung melewati bulu halus atau gondrong, dan selalu ada usaha menariknya agar jangan sampai mengotori kumis apalagi mencapai bibir. Sungguh hebat jika ingus bisa molompati bibir dan memilih hinggap di akar gigi alias jenggot. Sesekali mewadahi yang terhormat ingus dengan bermacam media atau cara.

Seperti halnya mood, bagaimana flu yang sepengetahuan saya (semoga ada yang mengoreksinya) belumlah bisa diobati, hanya bisa diredakan. Dan jika kekebalan tubuh kembali virus itu pun reda. Begitu juga dengan mood. Saya rasa tidak bisa dihilangkan, tapi diredakan tentulah mungkin.

Itu semua hanya ada di kepalaku, jangan khawatir. Masih sering kalah sama mood? Mungkin juga jauh lebih penting adalah menanam bibit bernyawa “Saya akan lebih sering menang sama yang namanya mood!” dan tumbuh berkembang bersama malam.

Semoga terangnya langit biru masihlah dengan berkawan dengan awan putih, bukan dengan pesawat-pesawat berwarna gelap berisikan amunisi yang suatu waktu siap menghancurkan penghuni bumi.

Itu semua hanya ada di kepalaku, jangan khawatir.

anakwayang_1502

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s