Asu Kowe Mas!

Pulang jaga. Kira-kira jam 9 pagi lewat beberapa, jalanan jogja basah habis diguyur hujan besar yang menyapa pagi, berhubung semalam juga ketika berangkat sedikit hujan, maka jas hujan yang ku jembreng di sepeda dan masih sedikit basah kukenakan kembali. Mengantisipasi ujug-ujug hujan berskala tak terkira tiba, gerimis pun belum reda benar.

Ilustrasi | sumber gambar

Kembali kesialan itu terjadi, sial! handlebar (stang sepeda) disenggol oleh motor ber-plat AB xxxx QY yang dikendarai oleh seorang lelaki dengan kecepatan sedang berusaha menyalipku dari kiri. Padahal posisi ku berkendara pun sudah terlampau kiri, di ring road utara sebelum jembatan antara monjali dan kaliurang, dekat salah satu sekolah elit.

Pengendara itu memberhentikan motornya diatas jembatan, diatas motornya dia malah celingak-celinguk, mungkin mengiraku baik-baik saja. Ku duduk sebentar sampai rasa kagetku sedikit reda sembari mengelus-ngelus pangkal pahaku. Si ramses, sepedaku kubiarkan tergeletak.

Dan ketika ku ketika mengoceh, baru ia datang menghampiriku, dan mengucapkan maaf. aku tanya “mas bisa bersabar sedikit gak sih? kenapa menyalip dari kiri? sudah tahu ada mobil, kan saya pun menyingkir,” dan jawab mas-nya. “Maaf mas, saya tidak bisa mengendalikan laju motorku, susah mengendalikannya.”

Dan ku hanya diam, malas aku berdebat soal itu, dia sudah mengakui kesalahannya. Baiklah bagiku, pengendara itu masuk kategori orang yang t(n)anggung jawab. Dia membantuku bangun, ku ambil ramses dan membenarkan stang-nya yang mencong.

Ada mobil seukuran tronton model model box. Biasanya mobil seperti itu menuju kantor pos plemburan, mobil itu masuk pada jalur lambat, yang tentunya si mobil akan memakan sebagian besar jalur lambat tersebut dan menyisakan sedikit jalan untuk sepeda/motor.

Syukur, kepalaku terlindung oleh helm ketika membentur aspal, luka memar kembali ku koleksi di pundak kiri, dan paha yang bengkak, nyeri bercampur ngilu.

Dalam kayuhanku, dalam cengiran-cengiran kutukanku, ku bersyukur atas teguran ini, Dia sekali lagi mengingatkanku. Kalau saja aku jatuh ke kanan, ah sudah! Belum tentu coretan ini ada. Aku baik-baik saja, aku ingin segera sampai ke kontrakanku, kukayuh perlahan, aku akan mem-boreh-kan minyak tawon. Juga yang penting, aku ingin makan nasi kuning. Sisa-sisa energiku, aku terlampau lapar, nasi kuning itu sedari kemarin kuidamkan.

Dalam kesialanku, ada saja yang cukup menghibur. Ketika membeli nasi kuning, setelah menunggu giliran, sampai juga pada bagian ketika si ibu penjual bertanya “lauknya apa mas?” “aku mau pake ayam bu, paha!” Terus si ibu bilang sambil tertawa, “Woh bojomu pahane gede!” itu respon si ibu ketika didapatinya paha ayam yang tinggal satu-satunya diantara dada dan sayap ayam yang berdesakan. Hehe Amin bu, memang pahanya gede bu, hehe. :D

Untuk teman-teman pesepeda, hanya saling mengingatkan. Helm sebaiknya bukan untuk gaya saja, apalagi jika kalian beranggapan helm mengurangi ketampanan kalian karena menurut kalian helm hanya memperculun diri kalian dan tampak konyol jika menggunakannya. Sekali lagi kusarankan kenakan helmmu, bukan untuk terlihat gaya, atau sekadar pelengkap kostum.

Bebas saja kalian mau gaya apa, tapi namanya apes siapa bisa sangka. Meminimalisir dampak apes tadi. Biar teman-teman sudah berhati-hati, berkendara pelan-pelan, nyatanya jalanan bukan berpenghuni sepeda saja, ada kendaraan yang sewaktu-waktu bisa berubah menjadi asuserigala.

Jika kalian bisa membeli sepeda dengan harga yang “Wah”, membeli part-part ternama yang lumayan harganya, harusnya kalian mampu membeli helm dan mulai mengenakannya.

Akhir kalam, cen ASU Kwe Mas!

anakwayang_0812

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s