300

Ini bukan penjelasan tentang judul diatas yang terlihat seperti sebuah judul film perang layar lebar yang berkisah tentang Leonidas dan 300 prajurit sparta. Tapi 300 disini adalah salah satu obat pemacu jantung untuk berketik-ketik gembira.

Ya ini hari senin, hari dimana banyak dari kaum pelajar hingga karyawan membencinya. Untuk itu Daripada pun menancapkan kukunya bahwa hari ini adalah Sad But True.

Dan soundtrack hari ini, Metallica. Semua tentang Metallica bukan semua tentang kita. :) Dentuman bass kaki dari sang tukang pukul Lars Ulrich yang bertenaga mengawali bom musik hari ini yang membahas apa yang ada dalam pikiran bocah ini, Nothing Else Matters, KASET!

My Day My History

Berusaha mengingat kembali dengan apa yang berkenaan dengan kaset – musik – lagu – CD – kaset. Per-kenal-an Daripada dengan musik bisa dibilang termasuk mendayu-dayu. Karena pada masa kanak-kanaknya, Daripada (bersyukur) disuguhi lagu anak-anak bergenre ria-gembira, lagu-lagu anak dari Susan-nya Ria Enes yang kalau sudah besar bercita-cita menjadi dokter, ditemani Kodok-kodok dipinggir kali yang sedang mencari makan, Enno Lerian yang bersenandung tentang Nyamuk-nyamuk nakal karena kamu malas bersih-bersih, hingga Bondan Prakoso yang ber-lumba-lumba makan dulu! Berbeda dengan anak jaman sekarang, ber-lomba-lomba sms dulu.

Kaset agak gondrong materinya adalah album si babeh yang bertajuk Slow Rock Compilation, dari Bad English, Firehouse, Europe dan pakde-pakde gondrong lainnya. Yang dengan sangat menyesal kasetnya sudah dijadikan mainan oleh Daripada, karena kesenangan “kreatif ” nan iseng, mengutak-atik tape dan walkman, namun tak ada yang berhasil. teronggok belum berdaya.

Kaset “paling” Indonesia, Orkes Moral Pengantar Minum Racun (PMR) yang tenar dengan lagu judul-judulan-nya, Bintangku-bintangmu, serta Antara Cinta dan Dusta. PMR yang salah satu personilnya bang Jhonny Iskandar dengan kacamata yang rock n roll ber-rantai. Sekarang bukan kacamata saja, dompet pun berantai. Ya!

Kaset-kaset lainnya seperti Nike Ardila, Manis Manja Group, Waljinah, Rama Aipama, Doel Sumbang, Obbie Mesakh, Tembang Jawa, Benyamin S, ceramahan-nya Zainuddin MZ, sampai lagu berbahasa Ambon seperti Nanaku Group dengan Poco-Poco -nya, Jopie Latul dengan Hitam Manggustang -nya. Menemani pagi dan sore hari Daripada dan keluarganya dimana Plaza belum tumbuh di Ambon, dan Monster Karaoke itu adalah hiburan yang realistis ketika Televisi harus menggunakan antena yang menjulang tinggi hanya untuk menangkap Dunia Dalam Berita di TVRI, Tuyul Jin dan Mbak Yul Jun di RCTI. Mentari Pagi di TPI yang hanya siaran hinga jam 10 pagi setelah itu semut hitam putih. Dan Daripada pun harus berlari sepulang mengaji mengejar acara  tersebut hanya untuk Popeye The Sailor Man. Selebihnya kaset lagi, kaset lagi, radio, mini compo, kaset lagi yang Daripada kenal.

Entah kapan tepatnya virus bernama MPEG-1 Audio Layer 3 itu merasuk dunia per-musik-an. Daripada tak tahu, seingatnya hanyalah ketika Daripada berpredikat kelas 2 SLTP.  Seperangkat benda asing mulai membuat sesak kamar nyak-babe-nya.  Benda berdaya teknologi itu katanya bernama  komputer. Dan di benda itu virus tersebut bersemayam, mulailah Daripada memainkan virus itu, virus berbalik meracuni, menemani, menginspirasinya, hingga sekarang.

Virus tersebut telah mengebiri kekuatan kaset.

“Hei nak ini kaset namanya, salah satu hasil kreasi teknologi dan kecerdasan manusia, dulu ia pernah jaya sebelum teknologi jugalah yang menenggelamkannya. Kamu sebaiknya kenal dia, karena kamu akan berusaha menghargai perkembangan dan jerih payah” pesan Daripada terhadap juniornya. Mencoba dihitung dan diingat ternyata 300 lebih jumlah lupanya.

*.. They dedicate their lives
To RUNNING all of his
He tries to please THEM all
This bitter man he is
Throughout his life the same
He’s battled constantly
This fight he cannot win
A tired man they see no longer cares
The old man then prepares
To die regretfully
That old man here is me..

* Metallica-The Unforgiven

Anak Wayang (1605)

Gambar dari sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s