Selamat hari Jumat, Bumi!

Langkah tinggi pesepeda (diatasbumi/anakwayang)

Hari bumi bisa saja jadi salah satu dari berbagai macam cara untuk mengingatkan kembali bahwa bumi sedang butuh perhatian lebih. Dengan kondisi alam dan lingkungan, baik di pedesaan maupun daerah urban perkotaan yang telah banyak terjamah dengan namanya modernitas, campur tangan “asing” yang berakibat bumi semakin “gerah”.

Pesta ini dimulai dengan berkumpulnya para pesepeda di alun-alun utara. saya dan kawan “bike” tiba terlambat dikarenakan si ramses II (sepeda saya) harus reparasi lanjut, walaupun sudah direparasi masih saja mengalami ketidakstabilan, maka perlahan kami mengayuh sampai alun-alun utara. Dan benar saja sudah ramai alun-alun utara oleh sepeda. Sebentar bersandar membuat sepeda nyaman kembali dengan men-setting ulang tegangan rantai. Kawan Bike mengeluarkan kunci pas berangka 15. Geser sana-sini, keker sana-sini. Oke, ramses II siap.

Berkenalan dengan riders dari Wirobrajan, kemudian melemparkan pandangan ke sekeliling kami, dan sengaja melihat diantara mereka-mereka seorang guru tulis kami, seorang wartawan, dia tidak sedang memegang sepeda, tapi dia memegang sebuah kamera. Kami menyapanya, bersalaman dan berbicara ngalor-ngidul. Tak lama Kawan bike lain tiba si hitam dengan barakan-nya disusul oleh kawan reporter LPM yang ingin meliput pesta ini.  Dan kami berkumpul kemudian berpisah. Karnaval sepeda akan segera dimulai, kami berpamitan dan bergabung dengan rombongan karnaval. Inilah (bagi saya) acara inti pesta, karnaval.

Jalanan Jogya seakan tertampar macet, bukan karena sosok si komo yang sering disalahkan di lagu anak-anak itu. Jalanan Jogja ramai sesak oleh sepeda. Kring.. kring.. u.. u.. u.. u..

Setelah ber-gowes melewati jalanan yang cukup sempit dan padat, sering bersinggungan dengan aturan dan para penghuni jalan lainnya, yang nampaknya terlihat kesal menunggu, harus terpaksa mengalah pada kerumunan sepeda yang menyemut. Tak apalah ini cuma beberapa jam, 1 kali dalam setahun, dan dalam 1 minggu ini hanya sekali. Gantian kita menikmati macet-ramainya jalanan, sekarang beda sebabnya, kami (pesepeda) sedang berpesta ramai-ramai.

Iseng, umpamanya jikalau 1 bulan sama dengan 30 hari, 1 hari kami (para pesepeda berpesta bersama-sama) dan 29 hari lainnya adalah kalian. Tidak cukup fair tapi tak apalah, karena bagi saya berpesta menggunakan sepeda adalah setiap hari, baik itu sendiri, berdua, bertiga maupun beramai-ramai. Karena saya selalu berusaha menggunakan sepeda sebagai kendaraan utama, sebagai alat transportasi.

Dan sampailah kami di tempat parkir terkenal di pusat kota, salah satu ikon jogja. parkir abubakar ali. Sepeda kami tuntun dan berbaris layaknya aksi, dan di depan barisan kami ada sebuah bola besar, mungkin itu si bumi, sambil digelindingkan oleh beberapa orang yang cemong-cemong mukanya. Aksi teatrikal. Berhenti sejenak di nol kilometer mengenyam klepon yang tadi si kawan bike beli. Manis rasanya sambil melihat kerumunan kendaraan terpaksa mengantri.

Pinguin yang bingung. (diatasbumi/anakwayang)

Lalu kami ke tempat start yang juga menjadi finish, alun-alun utara. Berkumpul dan membuat lingkaran kecil, ditengahnya ada sepeda nge-jungkir dan tulisan “stop nuclear save earth”, tenyata ada performing art, pembacaan puisi dan atraksi keahlian bersepeda, ada juga tamu jauh dari penggiat sepeda tinggi Cikarang. Setelah sedikit banyak berbicara, acara ditutup dengan pembagian stiker.

Hari semakin gelap, oranye di langit mulai berubah hitam, saya dan kawan Bike pulang dan sepakat mampir ke sebuah resto tenda dekat bundaran UGM, menikmati kenyangnya nasi goreng yang lauknya berupa daging kambing suwir-suwir. KENYANG dan boros.

Si hitam lewat dengan barakan-nya dan kami ingin bergabung. Tapi kami terlebih dahulu sepakat berpisah di bundaran itu saya ke kiri mengejar nafas ingin menghadiri diskusi. Kawan Bike ke kanan menyusul rombongan si hitam yang berarak ke timur.

Oh iya Bumi selamat hari Jumat, dan ini sudah hari Sabtu. Selamat hari Sabtu juga ya. Setiap hari adalah harimu BUMI. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s