Pesta Pesepeda Untuk Si Bumi

kayuh-kayuh ke garis finish, tinggi-tinggi sekali.(diatasbumi/anakwayang)

Jogyakarta, (22/04/2011). Untuk beberapa orang, mereka percaya bahwa hari Jumat adalah hari yang baik, walaupun harusnya setiap hari adalah hari baik. Namun Jumat ini, bagi saya terasa sedikit berbeda, Jumat yang memang hari “bike”.

Jumat ini, di sini, di Jogya ini, ada (bagi saya) pesta, pesta yang bertajuk JOGJA KEMBALI BERSEPEDA #5. Pesta untuk memperingati hari bumi 22 April 2011. Banyak partisipan yang datang dari berbagai jenis sepeda dan komunitas. Penyelenggaranya adalah cah-cah LASTY (Kumpulan Sepeda Tinggi Yogyakarta).  Pesta yang bermateri karnaval dan performing art. Dimulai dari alun-alun utara dan berakhir di tempat yang sama.

“Sempatkan waktumu untuk bersepeda dan tidak menggunakan sepeda motor” itulah sebagian tulisan/ajakan dalam poster pesta ini. Lain poster lain stiker, benar menurut saya, tulisan pada sebuah stiker yang menempel pada rangka sepeda tinggi itu. Tertulis begini “(bukan) sepeda yang paling baik, tapi bersepeda itu baik”. Harapannya mungkin saja sang pembuat atau penempel stiker ingin mengingatkan bahwa sepeda bisa menjadi alternatif/jalan keluar utama dalam perubahan kultur masyarakat urban dari masalah-masalah sosial, perhubungan dan lingkungan. Yang dengan berbagai sebab mereka lebih memilih kendaraan bermotor untuk pendukung aktifitas mereka.

Jogja Kembali bersepeda. Pesta pesepeda untuk si bumi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s