Laporan Tidak Langsung RockInSolo 2010

Sebelum jauh membaca. saya hanya mengingatkan bahwa tulisan ini tidak berkualitas, daripada anda mebuang-buang waktu dan anda menyesal. Sebaiknya jangan membacanya. Simpel saja.

Sabtu, habis maghrib 18 sept 2010.

Menunggu air mulai panas. Kopi, gula sudah digelas. krim disampingnya. masih menatap monitor dengan asbak penuh puntung disampingnya. muka meminyak. rambut menggatal. mata menajam.

Jumat, 17 sept 2010

Kawan membangunkan. Bangun dengan mata yang masih kantuk, jam telah menunjukan pukul setengah 2. jam 2 rencana berangkat. ingin mandi tapi malas rasanya, malas membuat orang menunggu. hujan pun turun. tertunda. lapar. mau makan di warteg, jauh. akhirnya bikin mie goreng, gratis!

Berangkat menuju ke kontrakan teman. berangkat bersama. hujan tetap setia. basah!

Lewat ringroad sampe maguwo, jalan jogja-solo. kendaran melaju. mampir di pom bensin. beli bensin. salah! beli premium. melaju lagi. sampai klaten. eargasme mendengarkan deadsquad, cranial-incisored, dan siksa kubur!

Sampai juga di solo atau surakarta. apa bedanya solo (sala) dengan surakarta? mampir di halte. kawan bertanya dengan pedagang kaki dua dengan gerobak ber-roda pun dua. jawabannya ternyata lurus saja. melurus lagi.

Lampu lalu lintas 1, 2, 3, banyak. ada kereta lewat dan parkir. berhenti. tepat disamping sebuah mobil platnya W. beliau bertanya kalau ke surabaya lurus bisa gak mas. bisa pak. harusnya td disana belok pak. iya katanya saya kelewatan. memang bapak kelewatan marka yang menunjukan bahwa ke surabaya adalah ke kiri malah anda lurus.

Kereta selesai parkir. jalan lagi. sampai lampu lalu lintas. berhenti. belok kiri. tibalah di stadion. tempat tujuan utama kami. ramai. orang berdandan dengan kaos hitam mendominasi. ada yang duduk melingkar, makan, ada yang berdiri. petugas parkir mengarahkan, motor diparkir bayar 2000 dapat kertas kecil.

Dapatlah karcis/tiket, apabedanya karcis dengan tiket? masuk ke dalam stadion. diperiksa. air minum kawan tak boleh masuk. diminum dulu. lolos. buka mas tasnya. ada buku doang pak sama kaos/sarung tangan, apa bedanya kaos tangan sama sarung tangan?. dibuka. saya lolos.

Dalam stadion sudah menghitam. bukan niat menonton bola atau menyelawat orang. hijaunya lapangan pasrah dihitamkan. ada 2 panggung yang satu kecil  dan yang satu besar. musik sudah terdengar bahkan dari jam 1 td, sekarang sudah jam . 4 lebih. berarti sudah 4 jam lebih pula mereka meraung-raung.

ROCKinSOLO 2010

Mengambil gambar dengan gambar belakang acara selagi terang. Ternyata ada kang man jasad, dedengkot death metal sekaligus vokalis jasad dari bandung. kami foto bersama.

Kang Man JASAD

Penampilan di second stage. ada take and awake, alunan menggelora. dan akhirnya mereka band berkolaborasi dengan seorang “setan” vokalis Funeral Inception. Ia naik ke panggung. ambil mik. assalamualaikum. katanya. setan pun bisa berkata baik. orang baik belum tentu bisa berkata setan lanjutnya. lagu pun mengalun garang.

Tanpa sadar suara yang kami kenal terdengar Cranial Incisored bermain. kami berlari kecil menuju main stage. dapat posisi. kami menikmati. sat\ya memegang kamera kwan. ambil sana-ambil sini. sesekali mengangguk.

Kurang lebih 5 lagu dibawakan salah satunya lagu yang masuk album kompilasi jogja istimewa, sebuah prosyek yang kreatif. ditutup dengan paradok,paradixal, paradigsm.

Saya Puas.

Lalu kami kembali menuju ke second stage, menantikan Opium, band asal bandung. masih dengan kamera ambil sana-ambil sini, kawan menitipkan barang bawaannya. dia ingin bergabung dengan massa yang terbakar. moshing sana, moshing sini, loncat sana-loncat sini, stage diving.

OPIUM yang membius

Opium menggila. penonton pun sama. handal! mereka produk dari bawah tanah bandung, regerenasi yang baik, secara kualitas. maupun kemampuan. 5 lagu juga dibawakan. dan usai. opium mengakhiri kuasa second stage, band akan terpusat di main stage.

Kami beristirahat, beli minuman. lalu gelap. lapar melanda. siap makan niat keluar. tapi ternyata katanya tidak diperbolehkan. lalu buat apa tadi dipintu masuk kami dicap dngn cap teknologi canggih. cap laser, cap yang hanya bisa dilihat bila disinari dengan lampu khusus.

Kami menuju tenda yang berbaris rapi, ternyata disana ada jual makanan juga dari burgerm pizza, nasi uduk, satem hingga nasi padang, dan yang bertahan hanay nasi udguk, pizza dan vburger, sate nda nasi padang lenyap bersisa.

Mengantri. ke kasir, mengambil makanan. kita makan. tepat di tengah lapang gelap. nasi uduk dengan lauk atiampela yang digoreng sambal dan timun 2 irisan, dibungkus dengan stereofoam. 6000 saja. kenyang, jam masih menunjukan pukul 6 lewat. kami menuju tenda yang lainnya tepat diseberang tenda jajanan tadi. ada macbeth – ini memerkan sepatu bagusnya, vbelukar , dan distro lainya, merchandise band-band banyka dominasi hitam masih kental. yang ada yang dilirik. kami bergegas mencari posisi di panggung stage. mc apa kepanjangan dari mc  master of ceremony. sudah membuka. akan tampil komunal. downforlife, siksa kubur dan terkhir tamu dari seberang jauh, dari maryland texas, tempat asal sandy si tupai. pakde pakde yang gila. bertiga. mereka jadi group, namanya dying fetus.

Komunal tampil. ini pertamanya saya melihat langsung penampilannya. saya sudah mendengarkan musik mereka. lagu mereka. dan saya dapat dari mencuri sementara-mendownloadnya.

Unik, beda, setelah 2 lagu berkumandang, barulah intro mereka mainkan. ko mu nal , komunal mungkin itu menjadi (menurut saya harusnya) pembuka bagi mereka, dua lagu pun dilanjutkan, manusia baja, dan pasukan perang dari rawa menjadi pamungkas dari penampilan mereka. mereka menyebut heavy metal sebagai musiknya. vokalis yang riang. gerak sini gerak sana. sperti teatrikal.

Setelah komunal tampil, tampil band dari sala-solo. downforlife itulah nama mereka berpersonil 5 orang. membawakan lagu-lagu mereka sepertinya saya lupa, yang saya ingat hanya pasukan babi neraka. identik dengan mereka para fans penyuka downforlife. downforlife tampil, circle pit, dan juga dead. menjadi atraksi dikalangan penonton. gila!

Down For Life

Downforlfe selesai bermain, tiba saatnya siksa kubur, musik mereka menyiksa, ini bukan siksa kasur tp siksa kubur. sama, 5 lagu mereka mainkan, metafora, pasukan jiwa terbelakang pun jadi penutup. wajar saja mereka didaulat sebagai salah satu mbah-mbahnya death mertal. musik mereka benar mengubur dengan siksa. saya menikmati, sangat menikmati. nmad!

SIKSA KUBUR

Akhirnya bintang utama/bintang tamu itupun tampil. mereka dying fetus hanya bertiga gitar+vokalis plontos, bassis-vokalis gondrong bergelombang dan penabuh drum gondrong kriting. menggila. mereka membakar suasana, lebih atraktif para penonton. sering terlihat tangan keatas tangan penonton \m/. salam dua jari mereka menyebutnya.

DYING FETUS

Selain salam dua jari \m/ ada juga salam satu jari \m apa yang membedakannya. nanti saya cari tahu dulu.

Sanyak lagu yang mereka mainkan. skill ditambah stamina sama dengan sarap!

Sungguh saya puas, sangat puas. saya tidak menyesal membeli tiket yang berharga 30 ribu. karena harga pre-sale, ada juga yang 50 ribu, 75 ribu. haraga on the spot 100 ribu.  jasa seorang kwan dalam (meminjam istilah mas babang). dan statusnya tiketnya sampai sekarang adalah saya meng-hutang!

Kami pulang tepat tidak tepat pukul 10. melewati jalanan solo, solo-jogja kami terpihas. saya di belakang. Dan akhirnya saya mengantuk, bergantian dengan acong. tiba di daerah janti masih mengantuk. lapar, sepakat menuju burjo. untuk makan bukan tidur. selesai makan pulang. baru tidur!

Terima kasih buat bedhu si peopledamned memang damn lu, sembah nyuwun dab. Acong yang telah menjadi bang gondrong sekarang, NGERI. Saya akui anda handal dalam berkendara. MANTAB. Arga, dan mas wiman. buat MAGGOT aka Indra dan Fuad aka kutukupret. berdoalah kalian biar kita bisa bersama menjajah lain waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s